[BOP-PAUD] Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Penyelenggaraan PAUD

Diposting pada
Salah satu kebijakan Direktorat Pembinaan PAUD adalah menjamin ketersediaan PAUD bagi seluruh anak usia 0-6 tahun. Ketersediaan PAUD memiliki konsekuensi adanya lembaga PAUD yang memberikan layanan sesuai kelompok sasaran, dan dapat diakses oleh semua anak usia dini tanpa ada diskriminasi. Target layanan PAUD hingga tahun 2015 adalah Angka Partisipasi Kasar PAUD untuk kelompok anak usia 3-6 tahun mencapai 70%. Pencapaian target tersebut harus didukung dengan ketersediaan masyarakat untuk menyertakan anaknya khususnya usia 3-6 tahun ke satuan PAUD yang ada. 
Salah satu kendala yang dihadapi masyarakat khususnya masyarakat yang kurang beruntung dalam segi ekonomi, untuk memasukkan anak ke Satuan PAUD terbatasnya keuangan keluarga untuk bidang pendidikan. Pembiayaan pendidikan merupakan aspek penting dalam penyelenggaraan operasional PAUD secara keseluruhan. Untuk mengatasi kendala tersebut, Direktorat Pembinaan PAUD memberi Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD. Demi kelancaran penyaluran dan ketepatan sasaran maka dikeluarkanlah Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD. Petunjuk Teknis ini disusun dalam beberapa bab. 
Bab I Pendahuluan yang terdiri dari
  1. latar belakang, 
  2. dasar hukum, 
  3. pengertian, 
  4. tujuan bantuan, 
  5. sasaran bantuan, 
  6. manfaat bantuan, 
  7. dan hasil yang diharapkan. 

Bab II Ketentuan Umum, berisi tentang;

  1. siapa penyedia bantuan, 
  2. sifat bantuan, 
  3. persyaratan penerima, 
  4. besar dana dan penggunaannya, 
  5. serta hak dan kewajiban, 

PAUD yang mudah diakses, pendidik yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan, kemampuan masyarakat berpartisipasi dalam pendidikan anak usia dini, dan dukungan penyelenggaraan PAUD dari Pusat, Daerah, serta masyarakat. 

Juknis BOP PAUD
Juknis BOP PAUD
Pembiayaan pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan PAUD secara keseluruhan. Salah satu masalah pokok dalam hal pembiayaan pendidikan adalah bagaimana melindungi masyarakat (khususnya dari keluarga tidak mampu) dari kendala biaya untuk memperoleh layanan PAUD. 
Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah meluncurkan program Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) dengan memberikan bantuan dana penyelenggaraan
kepada penyelenggara satuan PAUD yang memiliki peserta didik kurang mampu atau wilayah sulit.
Program BOP bertujuan untuk meringankan biaya pendidikan bagi anak tidak mampu, agar mereka memperoleh layanan PAUD yang lebih bermutu. Untuk memberikan panduan dalam penyaluran dan penggunaan dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan PAUD, maka perlu disusun Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Penyelenggaraan PAUD [BOP-PAUD].

Incoming search terms:

  • bab 3 skripsi teknik informatika
  • kumpulan judul tentang filsafat hukum islam
  • contoh judul kualitatif pada paud
  • contoh judul skripsi kuantitatif utk paud
  • judul tesis tentang hukum islam
  • Inovasi paud
  • contoh surat permohonan bantuan barang
  • Contoh proposal skripsi manajeman pendidikan pdf com
  • contoh judul proposal terkait paud yg ditutup
  • skripsi manajemen operasional pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *